Jenis-Jenis Pipa dan Cara Menyambungnya

Jenis pipa adalah hal yang akan kita bahas di dalam artikel ini. Pipa merupakan salah satu jenis komponen utama yang sering dipakai di proses industri. Beberapa jenis pipa yang dipakai pun sangat beragam dan variatif, ada pipa carbon, stainless, pipa fiber serta berbagai jenis dan bahan-bahan lainnya.

Jika kita lihat dari fungsinya, penggunaan pipa juga sangat beraneka ragam disesuaikan dengan jenis fluida, pressure ataupun temperaturnya. didalam sistem piping ini sebuah pipa tidak akan berfungsi jika tidak di hubungkan dengan komponen-komponen lainnya yang mana membuat dibutuhkannya fitting agar pipa dapat saling terhubung dan juga akan berfungsi sebagaimana harusnya.

Jenis-jenis Pipa Beserta Kegunaannya

Pipa adalah sebuah benda yang memiliki bentuk silinder dengan lubang yang ada di tengahnya yang berguna sebagai sarana pengaliran dan transportasi fluida baik cair, gas ataupun udara.

Pipa biasanya memiliki ukuran yang ditentukan berdasarkan nominalnya, yang lebih dikenal dengan sebutan NPS atau Nominal Pipe Size. Namun untuk ketebalannya sendiri didasarkan pada SCH atau scedulenya.

Pipa PVC dan Cara Menyambungnya

Cara pemasangan pipa PVC

Menyambung Pipa PVC ini identik dilakukan dengan cara menggunakan bahan Solvent Cement. Tahukah kalian, selain dengan cara seperti itu ada juga cara lain yang lebih ramah lingkungan, yaitu dengan metode Rubber Ring Joint.

Ada juga cara populer menyambung pipa PVC yakni dengan melakukan proses pengeleman, atau Solvent Cement. Cara eperti ini dilakukan dengan memberi bagian spigot pipa dan socket pipa atau fitting yang akan hendak kalian sambung dengan bahan perekat khusus, yang biasanya terbuat dari bahan resin PVC murni.

Bahan ini yang akan mendukung proses penyambungan persenyawaan pipa ini. Selain mencegah kebocoran media ini sehingga sambungan tetap pada tempatnya untuk saluran pipa air buangan.

Cara dan produk untuk menyambung pipa PVC ini sangat mudah, bahkan untuk orang yang tak pernah memiliki pengalaman dibidang plumbing. Meski begitu, ada juga beberapa hal yang perlu kalian perhatikan agar proses penyambungan berjalan dengan baik dan sempurna.

Proses penyambungan  pipa PVC dengan menggunakan lem, ternyata bukan satu-satunya metode penyambungan yang bisa dilakukan pada pipa jenis ini. Cara lain yang bisa kalian lakukan adalah dengan proses penyambungan menggunakan teknik rubber ring joint.

Dari namanya tenik ini dilakukan dengan menggunakan metode karet gelang. Hal ini dilakukan tidak kalah simple, bahkan ada tanpa bantuan mesin penyambung pipa dan bahan perekat Solvent Cement.

Proses seperti ini dilakukan hanya untuk produk pipa yang mendukung sistem penyambungan (Rubber Ring Joint), yang mana teknik penyambungan ini memiliki ciri bagian socket yang sedikit menggelembung, bagian ini yang nantinya akan digunakan untuk meletakkan gelang karet khusus.

Gelang yang terbuat dari karet ini pada saat proses menyambung pipa PVC ini memiliki sifat yang mengikat, pada saat bagian spigot masuk ke socket, gelang karet ini akan menjepit pipa agar tidak keluar.

Cara seperti ini sangat mudah, praktis dan pastinya ramah lingkungan, karena ini dilakukan tanpa menggunakan bahan perekat kimia. Jadi hal ini sangat direkomendasikan untuk instalasi saluran air bersih yang dipakai untuk kebutuhan sanitasi atau konsumsi.

Pipa HDPE dan Cara Menyambungnya

Cara menyambung pipa HDPE

Sebelum membahas mengenai cara penyambungan pipa HDPE kita juga harus tau dulu apa itu pipa HDPE ini.

Pipa HDPE ini adalah pipa plastik yang memiliki tekanan yang sering digunakan untuek pipa air dan pipa gas, juga sering disebut pipa plastik karena material HDPE terbuat dari polymer minyak bumi.

Pipa HDPE memiliki percabangan yang sangat sedikit, hal ini karena pemilihan jenis katalis dalam proses produksinya (katalis Ziegler Natta) dan kondisi reaksi. Sebab percabangan yang sedikit, membuat HDPE memiliki kekuatan tensil dan gaya anatar molekul yang tinggi. HDPE ini juga memiliki kekerasan yang cukup tinggi, sehingga dapat bertahan pada temperatur yang tinggi seperti temperatur 120 derajat celcius.

Pipa HDPE sering disebut sebagai pipa pengganti pipa PVC, berikut alasannya:

  1. Memiliki keunggulan anti karat dan ama bagi kesehatan.
  2. Pipa ini mudah dalam pemasangan dan ringan.
  3. Bisa bertahan di dalam tekan yang cukup tinggi.
  4. Memiliki harga yang sangat kompetitif.
  5. Pipa ini bersifat food grade jadi aman bagi kesehatan.

Jauh berbeda dengan pipa PVC yang mimiliki proses penyambungan yang hanya menggunakan lem.

Berikut ini beberapa cara melakukan penyambungan pipa HDPE:

1. Electro Fusion Joint

Cara penyambungan pipa dengan cara elctro fusion joint ini biasanya menggunakan mesin khusus yakni mesin electrofusion yang berfungsi untuk mengalirkan tenaga listrik ke fitting HDPE yang mana membuat HDPE tersebut melalui panas yang dapat menyatukan pipa tersebut dengan baik.

Berikut penjelasan proses penyambungannya:

  • Bersihkan bagian pipa yang akan disambung
  • Pasang ujung pipa tersebut kedalam electro fitting
  • Hubungkan electroda yang ada pada mesin electrofusion ke lectro fitting dan  jangan lupa hidupkan
  • Senyawa sambungan ini telah terjadi apabila warna lampu indikator telah kuning.
  • proses terakhir adalah pendinginan dan pastikan sesuai dengan waktu petunjuk yang terdapat pada alat penyambung pipa HDPE

2. Butt Fusion Joint

Proses penyambungan ini biasanya memakai alat penyambungan pipa HDPE, dengan cara kedua ujung pipa ini dipanaskan sampai derajat yang telah di tentukan kemudian kalian sambung dengan menggunakan alat penyambung pipa HDPE itu.

Sistem seperti ini biasanya dilakukan untuk pipa dengan diameter 63mm atau 2 inchi diatasnya.

Berikut penjelasan proses penyambungannya:

  • Rapatkan alat penjepitnya sampai kedua ujung pipa berada dalam satu sumbu
  • Ratakan permukaan ujung-ujung pipa dengan menggunakan alat perata elektrik sampai kedua pipa benar-benar rata dan bersih sempurna.
  • Pasang alat pemanas diantara ujung-ujung pipa itu dan jangan lupa panaskan plat pemanas sampai titik senyawa
  • Sambung dan tekan kedua ujung pipa yang sudah dipanaskan sampai tekan dari persenyawaan yang sesuai.

3. Compression Fitting Joint

Proses penyambungan kali ini memakai aksesoris pipa HDPE berupa fitting HDPE jenis Compression, yang mana penyambungannya itu sendiri menggunakan drat atau tinggal disambungkan antara aksesoris fitting HDPE tanpa perlu menggunakan lem.

Berikut penjelasan proses penyambungannya:

  • Buka compression collar dan lepa union dan ring penjepitnya
  • Pasang Union dan juga ring penjepit ke ujung pipa
  • Jangan lupa pasang kembali compression  collar dan rapatkan dengan tangan atau juga dengan alat yang sesuai dengan kebutuhan
  • Lakukan hal yang sama pula pada pipa lainnya yang akan  disambung

Pipa PPR dan Cara Menyambungnya

Cara menyambung pipa PPR

Sebenarnya cara atau proses penyambungan pipa PPR ini memiliki kesamaan seperti pipa-pipa yang lainnya, yang mana sama-sama ujung dari pipa ini dilumerkan dan disambung . Prosedur ini biasanya dilakukan memakai mesin penyambung pipa membutuhkan aksesoris, termasuk sambungan lurus dengan adanya bantuan fitting pipa socket atau coupler.

Pipa PPR ini biasanya disebut sebagai solusi instalasi untuk saluran air panas dan dingin yang memiliki tekanan hingga 20 bar. Instalasi jenis ini biasanya memiliki setidaknya tiga metode penyambungan. Pada dasarnya hal ini berdasar pada ukuran diameter pipa yang akan digunakan.

Ada 3 alat yang biasanya digunakan untuk proses penyambungan pipa ppr ini yakni polyfusion machine, welding machine, sistem elektrofusion yang mana walaupun dalam proses ketiga mesin tersebut satu dengan yang lainnya berbeda, tapi kegunaan mesin ini sama yakni sama-sama melumerkan beberapa bagian ujung dari pipa yang kemudian disambungkan sehingga mendapatkan kualitas sambungan yang cukup sempurna.

Pipa Paralon dan Cara Menyambungnya

Cara menyambung pipa paralon

Pipa jenis ini biasanya dipakai untuk membangun instalasi saluran air atau untuk kebutuhan saluran air bersih dalam skala rumah tangga, kalian dapat menggunakan pipa yang memiliki ukuran 3/4 inci. Skala diameter pipa ini dirasa sudah lebih dari cukup untuk mengalirkan air yang kita butuhkan sehari-hari.

Pemasangan pipa paralon ini dapat dilakukan juga dari sumber air menuju ke tempat penampungan air, dan kemudian diarahkan kembali ke keran di kamar mandi dan juga dapur.

Pipa paralon ini biasanya tersedia di toko bangunan dengan ukuran panjang 6 m sedangkan jarak antar titik awal sampai titik akhir dalam instalasi air bersih yakni lebh dari ukuran yang tersedia tersebut. Oleh karena itu, kita perlu menyambung pipa ini sehingga ukuran yang di gunakan dapat lebih panjang. Karena pihak pabrik telah menyadari betul akan hal tersebut maka pabrik telah menyediakan socket sambungan khusus untuk keperluan menyambung pipa paralon ini.

Namun kadang kita dihadapkan dalam situasi yang sulit, yang mana tidak memungkinkan untuk membeli sambungan pipa paralon ini. Semisal toko memiliki telalu jauh atau toko bangunan di sekitar kita sedang tutup, yang mana itu dibutuhkan saat darurat.

Dalam situasi seperti ini kalian harus terpaksa menyambung pipa paralon tanpa memakai sambungan yang khusus. Cara seperti ini dapat dilakukan dan dijamin aman selama dikerjakan dengan cara yang benar.

Trik Menyambung Pipa paralon

Sebelum kalian mencoba trik menyambung pipa paralon tanpa sambungan ini pastikan dulu sambungan yang akan kalian sambung itu memiliki belokan di sambungannya atau tidak, karena trik ini hanya dapat diaplikasikan pada sambungan yang lurus jadi untuk sambungan berbelok atau bercabang kalian harus memakai sambungan atau socket.

Alat dan Bahan Yang Diperlukan:

  • Pipa paralon
  • Pipa besi
  • Kompor gas
  • Lem PVC

Langkah-langkah penyambungan

1, Persiapkan dua batang pipa paralon yang akan disambung. Kedua pipa ini harus memiliki ukuran dan diameter yang sama.

2. Lalu siapkan pula pipa besi dengan ukuran diameter satu level lebih kecil daripada pipa paralon yang akan digunakan. Seperti kalian memakai pipa paralon yang berukuran 3/4 inci, maka siapkan pipa besi yang memiliki diameter 1/2 inci. Pipa besi yang telah disiapkan tidak perlu berukuran panjang.

3. Nyalakan kompor gas degan nyala api yang sedang, lalu bakarlah salah satu ujung pipa paralon diatas api tersebut agar menjadi lentur. Waktu pembakaran kurang lebih 1 sampai 2 menit dan usahakan kalian memutar pipa paralon selam proses pembakaran agar bagian yang terbakar rata.

4. Lalu cobalah tekan bagian pipa paralon yang sudah kalian bakar tadi. Bila teksturnya telah berubah menjadi lentur, maka kalian bisa menghentikan proses pembakaran tersebut.

5. Setelah itu sesegera mungkin masukkan pipa besi kedalam ujung pipa paralon yang telah dibakar tersebut dan usahakan bagian pipa besi ini bisa masuk minimal sekitar 5 cm. Cara seperti ini akan membuat ujung pipa paralon tersebut melebar. Pastikan pula kedua pipa dalam posisi yang lurus.

6. Ujung dari pipa paralon yang telah dimasuki pipa besi lantas segera direndam ke dalam air yang dingin, tujuannya untuk menghentikan proses pemanasan sehingga membuat wujud dari pipa paralon yang telah dipanaskan tidak mengalami perubahan secara drastis.

7. Keluarkan pipa besi dari ujung pipa paralon, lalu kalian akan melihat dan mendapatkan ujung pipa paralon yang memiliki ukuran dimeter lebih besar.

8. Jangan lupa oleskan lem PVC di bagian dalam ujung pipa paralon yang memiliki ukuran lebih besar ini. Selanjutnya, oleskan lem PVC di bagian luar pipa paralon lain yang ingin kalian sambung. Nah kalian telah berhasil menyambungkan pipa paralon ini tanpa menggunakan socket sambungan.

Mungkin cukup itu yang bisa saya rangkum dan jelaskan tentang jenis-jenis pipa dan cara menyabung semoga bermanfaat untuk kalian.

Leave a Reply