Tips Memilih Toilet dan Penggunaan Toilet Duduk Yang Tepat

Seperti yang kita ketahui bersama, pada umumnya sebuah toilet digunakan sebagai sarana pembuangan limbah manusia yang kemudian ditampung dan disalurkan ke dalam septic tank untuk berikutnya diolah dan diuraikan.

Hal ini tidak jauh berbeda seperti toilet secara umum karena pada dasarnya toilet portable juga mempunyai sistem kerja yang sama, hanya saja yang membedakan ialah ukuran ataupun material pembangun toilet tersebut.

Toilet ini mempunyai ukuran yang relatif lebih kecil dan terbuat dari bahan yang ringan sehingga mudah untuk dipindahkan. Toilet ini biasanya terdapat di lokasi umum yang ramai akan pengunjung.

Fasilitas Toilet Portable

toilet portable
toilet portable

Toilet portable mempunyai fasilitas yang hampir mirip dengan toilet rumah yang biasanya sering kita gunakan, seperti WC (water closet) duduk/jongkok, kran air, tissue, bak air, lampu, gantungan baju, dll.

Hanya saja karena toilet ini memang didesain dengan ukuran kecil karena digunakan oleh masyarakat umum, dan dilokasikan di tempat umum untuk mempermudah kebutuhan masyarakat.

Ukuran yang kecil tidak menghilangkan keharusan toilet seperti adanya septic tank yang berfungsi sebagai tempat penampungan kotoran manusia dan pengolahannya. Toilet portable juga mempunyai septic tank yang berada di bawah WC/toilet tersebut.

Namun demikian, septic tank toilet portable ini memiliki batas maksimum yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan septic tank yang biasa terdapat pada rumah hunian manusia, sehingga harus sering dilakukan pengurasan.

Septic tank pada toilet portable  ini ada 2 jenis, yaitu lubang untuk menampung sementara yang harus dikuras (disedot WC) dengan waktu berkala. Dan yang kedua, lubang septic tank yang tersambung dengan saluran pembuangan yang sudah tersedia, sehingga tidak perlu melakukan proses pengurasan (sedot WC) lagi.

Seperti halnya dengan toilet umumnya, toilet portable ini juga mempunyai ventilasi yang berfungsi sebagai keluar masuknya udara pada penampungan septic tank tersebut.

Kemudian ada panel drain yang berfungsi sebagai lubang untuk kuras/sedot apabila septic tank telah penuh. Out septic tank lubang saluran untuk mengalirkan limbah yang sudah penuh tertampung di dalam septic tank.

Toilet portable juga harus dijaga kebersihannya layaknya toilet umumnya yang sering kita gunakan di rumah. Bahkan karena toilet ini digunakan untuk masyarakat umum, maka toilet ini harusnya lebih mendapat perhatian khusus akan kebersihannya. Karena kemungkinan besar sarang penyakit menular pada orang-orang yang memakai fasilitas umum ini.

Tips Memilih Toilet Atau Kloset

 

tips memilih toilet
tips memilih toilet

 

Ada beberapa aspek yang perlu kita pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah toilet/kloset. Berikut ini merupakan lima hal yang perlu kita perhatikan dalam memilih sebuah toilet :

1. Pilih Tipe Kloset

Pertama, ada jenis high tank toilet. Secara desain, toilet ini sangatlah simpel karena tangki air yang terdapat dalam toilet ini menyatu bersama badan toilet yang persis berada di atasnya.

Ada pula jenis in wall toilet. Bentuk toilet ini sangatlah cocok untuk perumahan minimalis karena mempunyai desain yang ramping dan minim. Begitu juga tergantung dengan dekorasinya, terkadang tangki ini bisa terlihat atau tersembunyi di dalam dinding.

Tipe ketiga adalah integrated bases. Desainnya sangatlah sederhana, bagian bawah pada jenis toilet ini penuh dan rata, tidak seperti toilet umumnya yang di bagian bawahnya terdapat sudut dan celah.

2. Bentuk Kloset

Terdapat banyak bentuk mangkuk kloset. Namun, yang paling sering digunakan adalah toliet berbentuk memanjang bergaya modern atau bentuk bulat yang cocok dipasang untuk ruang kamar mandi berukuran kecil.

3. Warna Kloset

Warna putih menjadi warna yang sering sekali dipakai untuk toilet di rumah. Warna ini juga menjadi nilai plus jika hendak menjual rumah Anda. Namun, jika Anda ingin yang jauh lebih menarik, ada banyak warna yang bisa anda pakai agar kamar mandi Anda terlihat lebih menarik dan berwarna.

4. Ukuran Toilet

Untuk ukuran toilet yang standar biasanya, jarak antara dinding dengan pusat lubang tempat duduk toilet dipasang. bisa sedalam 10 inchi, 12 inchi atau 14 inchi. Jadi, sebelum membeli, pastikan Anda mengukurnya terlebih dahulu agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Sistem Siram

Setiap toilet juga mempunyai sistem siram yang berbeda. Ada jenis siram single flush yang cara penyiraman airnya lebih besar, jadi dapat mengurangi risiko tersumbat. Jenis single flush ini, ada yang menggunakan tombol dan ada juga yang berbentuk tongkat seperti tuas ditarik ke atas.

Kemudian, ada sistem dual flush yang mana ketika hendak menyiram, Anda bisa memilih tombol penyiraman penuh atau penyiraman setengah air. Sistem ini sangatlah efisien untuk menghemat aliran air di rumah Anda. (Ossid Duha Jussas Salma)

Cara Penggunaan Toilet Duduk Portable Yang Tepat

Cara Penggunaan Toilet Duduk Portable
Cara Penggunaan Toilet Duduk Portable

Setelah Anda paham tips bagaimana memilih toilet duduk yang benar. Maka ada baiknya, anda juga mengetahui dan mempraktekkan sistem kerja toilet duduk yang efektif. Hal ini dilakukan karena masih banyak masyarakat yang jongkok saat menggunakan toilet duduk.

Pada umumnya, kloset duduk dipilih karena dapat menghemat air. Setiap toilet duduk biasanya dilengkapi dengan penutup (seat cover), mangkuk kloset, dan tangki penyimpanan air. Beberapa jenis kloset duduk modern juga sudah dilengkapi dengan jet washer.

Dengan adanya toilet duduk sangatlah menguntungkan dan mempermudah kususnya bagi anak-anak dan lansia yang mungkin saja sering merasa lelah jika harus jongkok saat buang air besar.

Jika memang Anda merasa ragu dan kesulitan saat duduk di atas toilet duduk untuk buang hajat besar, maka Anda bisa menggunakan shower stool sebagai pijakan pada bagian bawah kakimu. Dengan begitu proses buang hajat akan lebih nyaman.

Adapun tata cara penggunaan toilet duduk yang tepat, diantaranya:

1. Ketahui fungsi tombol pada toilet duduk portable

Secara umum, masing-masing toilet duduk mempunyai dua tombol flush yang berada-beda ada yang berada dibagian atas dan di samping tangki air.

Namun fungsi dari kedua tombol tersebut ialah sama yaitu mengeluarkan air ke dalam kloset. Akan tetapi, hindari ketika menekan kedua tombol secara bersamaan agar air tidak keluar terlalu banyak sehingga Anda boros air.

Jika toilet duduk yang anda gunakan hanya mempunyai satu tombol di atas tangki, biasanya tombol tersebut mempunyai ukuran yang berbeda-beda.

Tombol flush kecil berfungsi sebagai tombol penyiram kloset disaat Anda sedang buang air kecil sehingga cukup mengeluarkan air sekitar 3 liter saja. Untuk tombol flush besar umumnya digunakan sebagai tombol penyiram feses, mengapa demikian? karena air yang akan keluar jauh lebih banyak hingga mencapai 6 liter sekali tekan.

Selain itu, beberapa smart kloset yang hadir di perkotaan juga sudah dilengkapi tombol-tombol lain. Misalnya, tombol yang berfungsi sebagai penutup dan pembuka seat cover kloset, tombol untuk pengaturan suhu air, dan tombol untuk mengkondisikan laju dari tekanan air.

Tombol-tombol tersebut bisa Anda gerakkan dengan sentuhan tangan atau menggunakan remot. Bijaklah dalam memencet tombol yang ada sesuai keperluan.

2. Dilarang jongkok di kloset duduk

Kebiasaan duduk dengan jongkok ketika sedang buang hajat memang kerap kali dilakukan oleh beberapa orang. Bila Anda menemukan toilet duduk portable misalnya, jangan pernah sekali-kali untuk duduk jongkok di atasnya. Perilaku seperti itu tidaklah dibenarkan karena alas kaki yang Anda gunakan bisa mengotori kloset duduk.

Tindakan yang anda lakukan juga berpotensi akan menggelincirkan kaki Anda sehingga terpeleset disaat kondisi permukaan kloset licin dan tidak datar. Maka, dilarang untuk duduk jongkok di atas kloset duduk agar lebih aman.

3. Pergunakan bidet toilet untuk membilas

Setelah buang air besar atau kecil, banyak sekali orang yang membasuh organ vitalnya agar lebih bersih. Jika kloset dudukmu tak dilengkapi jet washer, maka gunakanlah bidet untuk membilas. Bidet merupakan sebuah semprotan air yang terletak di dalam toilet dan biasanya digunakan untuk membersihkan bagian bawah anus.

Bidet tersebut biasanya akan mengeluarkan air ketika Anda sudah menekan tombol pada tangki air kloset tersebut. Agar lebih tepatnya Anda bisa duduk tepat di atas bidet sehingga bisa terkena semprotan air yang keluar sehingga bisa bersih sempurna.

Jika tidak tersedia bidet, maka Anda bisa menggunakan tisu kering yang bias tersedia di dalam toilet portable atau juga ada ditoilet-toilet umum.

Sekian artikel ini semoga bermanfaat

Leave a Reply