Toilet Duduk: Dimensi Toilet Duduk dan Ukurannya

Toilet sudah ada sejak 1596, yang ditemukan oleh sir John Harington. toilet ini telah menggunakan bejana penampung tinja dan tangki air untuk menyiram, tetapi jenis kloset ini masih menimbulkan bau tak sedap.

Dulu di Indonesia, lebih tepatnya di desa-desa orang menggunakan kakus yang ada di sungai yang terbuat dari rotan-rotan sebagai pembatas. Bahkan sekarang pun masih ada beberapa kakus seperti ini tetapi sudah tidak digunakan.

Seiring berkembangnya zaman, mulailah banyak orang yang terinspirasi untuk terus memperbaiki toilet ini. Mulailah bermunculan jenis-jenis toilet yang sekarang banyak digunakan. Mulai dari toilet jongkok, toilet duduk, hingga toilet jepang yang sudah dilengkapi dengan berbagai tombol untuk mempermudah dan memperbarui jenis-jenis toilet terdahulu.

Toilet merupakan suatu tempat yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Toilet ini pun juga harus nyaman bagi penghuni didalam rumah.

Menurut situs jual toilet portable, ada berbagai pilihan desain atau model toilet mulai dari toilet jongkok sampai toilet duduk, ini tergantung pada kenyamanan Anda masing-masing, lebih memilih toilet dengan jenis seperti apa.

Jenis-jenis Toilet

Jenis toilet

Berikut ini jenis-jenis toilet yang bisa Anda gunakan sebagai pilihan untuk melengkapi toilet rumah Anda:

1. Toilet Jongkok

Bagi rakyat kelas bawah sampai menengah, lebih memilih menggunakan jenis toilet jongkok. Karena harga yang terjangkau dan juga tidak kalah awet dibanding dengan toilet duduk.

Alasan kenapa toilet jongkok menjadi salah satu pilihan, karena bagi beberapa orang toilet jongkok lebih nyaman digunakan dibanding dengan toilet duduk. Mungkin ini juga sudah menjadi kebiasaan dari kecil, yang terbiasa buang hajat dengan posisi jongkok bukan duduk.

Dari segi kesehatan, toilet jongkok lebih baik dibanding dengan toilet duduk. menurut dr. Resthie Rachmanita Putri, M.Epid dari KlikDokter, BAB sambil duduk sebenarnya dapat menghambat kelancaran buang air besar.

“Pasalnya, saat tubuh dalam posisi duduk, ada bagian usus besar yang terlipat. Hal ini menyebabkan seseorang membutuhkan usaha yang lebih keras dan waktu yang lebih lama untuk mengeluarkan feses,” ungkap dr. Resthie.

Tetapi beberapa orang juga mengatakan bahwa posisi jongkok ini mempunyai beberapa kekurangan. Posisi jongkok ini berpengaruh pada sendi. Terkadang, saat Anda terlalu lama dalam posisi jongkok maka kaki akan terasa kebas atau kesemutan. Ini yang menjadi kekurangan dari toilet jongkok.

2. Toilet Duduk

Di Zaman modern banyak orang telah menggunakan jenis toilet duduk ini. Tidak hanya digunakan secara pribadi untuk pelengkap toilet di rumah Anda. Toilet duduk ini juga digunakan oleh banyak tempat umum, seperti mall, tempat makan, tempat wisata dan lain-lain.

Masyarakat dengan kelas menengah ke atas lebih memilih jenis toilet duduk. Pemilihan toilet duduk ini juga membuat toilet terlihat lebih modern dibanding dengan toilet jongkok. Karena desain modern yang terletak pada toilet ini memberikan kesan masa kini yang tidak ketinggalan zaman.

Tidak hanya desain yang modern, toilet duduk ini ternyata juga memiliki hal positif di sisi kesehatan. Posisi duduk saat buang air besar ternyata memberikan kemudahan bagi Anda yang memiliki penyakit sendi seperti nyeri dan lain-lain. Ini menjadi alternatif bagi Anda yang kurang nyaman karena hal tersebut.

Terlalu banyak jongkok terlalu sering dengan jangka waktu yang lama, ternyata bisa melukai sendi Anda ini akan membuat Anda tidak nyaman karena rasa nyeri yang ditimbulkan.

Pemilihan toilet ini bergantung pada Anda, tidak ada toilet yang lebih bagus. Anda hanya perlu melihat jenis toilet manakah yang lebih nyaman, bagus untuk Anda gunakan. Alih-alih memilih yang modern dan mengikuti perkembangan zaman. Lebih baik Anda mencari yang nyaman dan enak untuk digunakan oleh Anda dan juga penghuni rumah.

Ada juga jenis toilet lain yang jarang Anda lihat atau digunakan di rumah karena jenis toilet ini hanya ada di luar negeri:

3. Toilet Pissoir

Jika Anda berkesempatan untuk jalan-jalan ke eropa khususnya Belanda, Anda pasti akan dengan mudah menemukan jenis toilet pissoir ini. Tetapi pissoir ini khusus digunakan untuk laki-laki. Bentuk dari toilet ini pun cukup unik.

Bentuk pissoir ini seperti monumen setinggi dua meter, terbuat dari bahan tidak permanen seperti plastik. Ada empat sisi, dengan lubang di bagian tengah yang menjadi tempat untuk buang air kecil.

4. Toilet Jepang

Toilet model jepang ini sangatlah canggih. Kenapa disebut canggih, tentu saja karena toilet ini dilengkapi dengan berbagai jenis tombol pelengkap untuk mempermudah Anda. Jepang terkenal dengan alat-alat canggih, mulai dari barang-barang elektronik sampai dengan toilet pun terasa sangat berbeda dan unik.

Kebanyakan toilet di jepang memang sudah menggunakan jenis toilet seperti ini. Tidak hanya mempermudah Anda, toilet jepang ini terlihat sangat modern karena tombol-tombol yang terpasang.

Tidak hanya toiletnya saja yang canggih. Bahkan ada jenis toilet umum transparan di Jepang. Saat pertama kali dibuat, toilet umum ini cukup banyak menjadi perbincangan. Toilet merupakan privasi setiap orang, tetapi di jepang toilet umum ini didesain transparan, dan ini cukup mengejutkan bagi beberapa orang yang tidak mengerti maksud dari toilet umum ini.

Cara kerja toilet ini sungguh menakjubkan. Saat tidak ada orang yang mengisi toilet ini, maka toilet akan terlihat transparan. Tetapi saat Anda masuk kedalam toilet ini dan menguncinya otomatis toilet umum ini akan berubah tidak transparan, tidak terlihat dari luar dan toilet ini cukup aman digunakan. Tidak hanya itu saja toilet ini pun sangat bersih.

Indonesia harus mencontoh Jepang dari sisi kebersihannya. Karena negara Indonesia, tidak terlalu mementingkan kebersihan toilet umum, mungkin ini bisa menjadi contoh baik untuk negara Indonesia.

Jenis-jenis toilet memiliki berbagai macam rupa. Bahkan diluar negeri pun jenis toilet duduknya berbeda dengan negara Indonesia. Setiap negara memiliki jenis dan ciri khas tersendiri agar terlihat unik dan tentu terlihat modern.

Tidak hanya jenis-jenis toilet yang sering digunakan di Indonesia dan berbagai jenis toilet lain yang bisa Anda temukan di luar negeri. Berikut ini penjelasan tentang pemasangan toilet duduk:

Dimensi Toilet Duduk

Dimensi Toilet Duduk
Dimensi Toilet Duduk

toilet duduk idealnya memiliki tinggi 40 cm. sedangkan lebar dari toilet duduk biasanya adalah 70 cm. ini tergantung dari type apa yang  Anda gunakan. Lubang untuk duduk berbentuk elips memanjang ke depan dengan ukuran sekitar 20 x 33 cm.

Toilet duduk memiliki 2 bagian penutup, penutup pertama berfungsi sebagai lubang untuk duduk, tutup yang kedua adalah bagian penutup penuh toilet duduk. Untuk buang air kecil Anda bisa membuka kedua bagian penutup.

1. Posisi Toilet Duduk pada Denah

Hal pertama yang akan dibahas yaitu mengenai posisi toilet duduk pada denah. Posisi toilet duduk yang benar yaitu menempel pada dinding permanen. Pada bagian bawah toilet duduk akan dipasang pipa yang berfungsi sebagai saluran pembuangan.

Selain itu, Posisi toilet duduk sebaiknya dekat dengan pintu masuk dan tidak berhadapan dengan jendela sehingga tidak bisa terlihat dari luar. Posisi seperti ini paling disarankan karena memiliki tujuan tersendiri.

2. Jarak Samping Toilet Duduk

Lebar minimal yang disarankan untuk ruang toilet adalah 80 cm, artinya itu adalah lebar bagian dalam dan bukan garis as. Ketentuan ini digunakan berdasarkan kebiasaan orang untuk beraktifitas dan memutar badan saat berada di toilet atau kamar mandi.

Dengan begitu, maka jarak antara toilet ke tembok adalah 40 cm. Sementara jarak antara bagian pinggir samping toilet ke dinding adalah sekitar 20 cm. ini akan memberikan banyak tempat untuk Anda beraktivitas.

3. Jarak Depan dan Belakang Toilet

Semua bagian harus diperkirakan sebaik mungkin agar hasil akhir yang dihasilkan sesuai dengan keinginan Anda. Tidak hanya jarak samping toilet saja yang harus ditentukan tetapi seluruh bagian mulai samping, depan dan bagian belakang toilet.

Jarak bagian belakang toilet ke dinding minimal adalah 5 cm, ini sangat membantu Anda saat membersihkan badan toilet. Sementara jarak bagian depan toilet ke dinding minimal adalah 60 cm. jika model pintu yang Anda gunakan adalah model toilet yang terbuka ke arah dalam, maka berilah jarak sekitar 80 cm.

4. Pintu Toilet duduk

Pintu toilet standar memiliki bukaan 65 cm dengan ukuran tinggi minimal 180 cm. untuk pintu toilet disarankan menggunakan pintu toilet jenis swing. Pintu jenis swing ini memiliki pintu sliding yang tembus air.

Untuk bahan pintu yang digunakan, disarankan untuk memilih pintu yang terbuat dari bahan aluminium dan PVC. Penggunaan aluminium dan PVC ini sangat bagus untuk  pintu kamar mandi karena kedap air. Tidak disarankan menggunakan pintu kamar mandi jenis kayu karena rawan rusak dan lembab sehingga pintu tidak tahan lama.

Ukuran Toilet Duduk

Ukuran Toilet Duduk

toilet duduk terdiri dari 2 ukuran, yakni ukuran 14-15 inci dan ukuran 16-17 inci. Pemilihan ukuran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda sangat penting untuk diperhatikan.

Pemilihan ini juga akan berpengaruh terhadap ukuran kamar mandi atau toilet rumah Anda. Jika Anda memilih toilet duduk berukuran besar maka, kamar mandi akan terasa sempit. Ha-hal kecil seperti ini sangat mempengaruhi kenyamanan Anda dan penghuni rumah.

Selain pemilihan ukuran toilet duduk yang menarik, Anda juga harus memperhatikan barang-barang pelengkap toilet lainnya. tidak hanya itu, bentuk toilet juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Ada berbagai macam bentuk toilet, berikut penjelasannya:

1. Toilet duduk monoblok, toilet duduk monoblok ini memiliki desain kloset yang bagian tangki air dan badan toiletnya dipasang menjadi satu. Sehingga toilet duduk monoblok ini akan terlihat lebih simpel dan praktis.

2. Toilet duduk duoblok, toilet duduk duoblok memiliki desain bagian tangki air dan badan toilet yang didesain secara terpisah. Keuntungan dari bentuk toilet duduk duoblok seperti ini adalah proses pemindahan yang lebih mudah, lebih ringan dengan harga yang lebih terjangkau.

3. Toilet gantung atau wall hung toilet, terdengar unik dengan namanya. Toilet gantung ini memiliki jenis atau cara pasang toilet duduk dengan cara digantung, sementara tangki air ditanam di dalam dinding. Toilet gantung ini sangat cocok digunakan untuk rumah atau apartemen dengan desain yang minimalis.

4. Toilet Elongated, toilet elongated ini didesain dengan bentuk sedikit melengkung pada bagian dudukannya. Toilet dengan bentuk seperti ini sangat nyaman digunakan, sehingga sangat cocok bagi seseorang yang senang berlama-lama saat buang air besar.

Demikian penjelasan mengenai toilet duduk. Informasi-informasi ini bisa Anda gunakan untuk memperbaharui toilet Anda. Penjelasan mulai dari jenis-jenis toilet duduk hingga ukuran toilet duduk yang akan menambah wawasan Anda.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply